20 Tips Persiapan Dan Merencanakan Kehamilan

Persiapan perencanaan pra-kehamilan membuat Anda – dan bayi Anda di masa depan – senyaman mungkin. Jika Anda berpikir untuk hamil, kunjungi dokter untuk perawatan pra-kehamilan.

Apa yang harus saya lakukan sebelum hamil?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk bersiap-siap menghadapi kehamilan dan memastikan bahwa Anda – dan bayi Anda di masa depan – sehidup mungkin. Mengunjungi dokter atau pusat kesehatan setempat untuk perawatan pra-kehamilan adalah langkah pertama yang baik.

Persiapan Dan Merencanakan Kehamilan

Perawatan pra-kehamilan (juga disebut perawatan prakonsepsi) membantu menemukan masalah yang dapat memengaruhi kehamilan Anda, sehingga Anda dan dokter Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindari kemungkinan masalah. Perawat atau dokter Anda akan berbicara dengan Anda tentang kesehatan fisik dan mental Anda, dan memberi Anda ujian atau skrining apa pun yang mungkin perlu Anda lakukan untuk memastikan kehamilan Anda sehat. Mereka juga bisa memberi Anda tips tentang cara hamil.

Dokter Anda akan berbicara dengan Anda tentang:

  • riwayat medis dan riwayat kesehatan keluarga
  • masalah kesehatan saat ini
  • diet, vitamin, dan gaya hidup
  • keamanan semua obat / suplemen yang Anda konsumsi
  • riwayat kehamilan
  • keamanan di rumah dan di tempat kerja
  • masalah kesehatan mental

Dokter Anda mungkin juga akan merekomendasikan Anda pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan. Jika Anda memiliki penyakit gusi, mendapatkan perawatan sebelum kehamilan dapat mencegah masalah kesehatan pada Anda dan bayi Anda di masa depan.

Baca Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Kunjungan pra-kehamilan adalah waktu yang tepat untuk mengajukan pertanyaan, jadi bersiaplah untuk bertanya tentang apa pun yang Anda ingin tahu.

Apakah saya perlu khawatir memiliki kehamilan berisiko tinggi?

Mungkin tidak – kehamilan berisiko tinggi sangat jarang.

Ada banyak hal yang bisa terjadi selama kehamilan yang tidak bisa Anda kendalikan, dan terkadang ada yang salah karena alasan acak atau tidak diketahui. Namun, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghindari masalah dan memastikan Anda dan kehamilan tetap sehat.

Mendapatkan perawatan pra-kehamilan dari perawat, dokter, atau pusat kesehatan setempat sebelum Anda hamil, dan melakukan kunjungan perawatan prenatal secara teratur selama kehamilan Anda adalah cara yang bagus untuk membantu menurunkan peluang Anda memiliki kehamilan berisiko tinggi.

Kondisi tertentu dapat membuat kehamilan lebih sulit. Sangat penting untuk mendapatkan perawatan pra-kehamilan jika Anda:

  • memiliki tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung atau ginjal
  • memiliki kondisi kronis lainnya, seperti diabetes, lupus, atau HIV / AIDS
  • memiliki riwayat keguguran, lahir mati, atau kelahiran prematur
  • tahu Anda berisiko memiliki anak dengan cacat lahir atau kelainan genetik
  • memiliki infeksi menular seksual
  • kurang berat badan atau kelebihan berat badan
  • lebih tua dari 35

Apa peran pasangan saya dalam merencanakan kehamilan saya?

Pasangan Anda dapat memainkan peran besar, jika Anda menginginkannya. Dorongan dan dukungan emosional bisa sangat membantu dan penting, terutama jika Anda melakukan perubahan gaya hidup saat Anda bersiap untuk kehamilan.

Kesehatan pasangan Anda atau donor sperma juga penting dalam hal hamil. Pola makan dan gaya hidup dapat menurunkan jumlah sperma dan kualitas semen. Ini bisa membuat lebih sulit untuk hamil.

Beberapa hal yang dapat menurunkan jumlah sperma termasuk:

  • minum alkohol
  • merokok atau menggunakan tembakau jenis lain
  • menggunakan steroid
  • menggunakan obat-obatan terlarang
  • menggunakan obat resep tertentu dan obat-obatan bebas
  • waktu baru-baru ini dan sering di lingkungan yang sangat panas (yaitu, bak air panas, sauna, ruang uap)
  • melakukan diet yang tidak sehat

Bicaralah dengan pasangan Anda tentang membuat pilihan gaya hidup yang dapat membantu kesehatan mereka dan kehamilan Anda di masa depan.

Baca Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Apakah saya perlu dokter baru setelah saya hamil?

Jika Anda sudah memiliki dokter kandungan, bidan, atau dokter keluarga yang Anda sukai, Anda mungkin dapat terus melihatnya sepanjang kehamilan Anda. Jika Anda ingin beralih ke perawat atau dokter yang berbeda, teman, anggota keluarga, dan perawat atau dokter lain mungkin memiliki rekomendasi. Anda juga dapat memperoleh perawatan pranatal, atau membantu menemukan dokter di daerah Anda, dari pusat kesehatan setempat .

Sangat penting bagi Anda untuk menyukai dokter atau bidan dan merasa nyaman berbicara jujur ​​dengan mereka tentang kehamilan dan kelahiran seperti apa yang Anda inginkan. Anda mungkin ingin mewawancarai penyedia layanan kesehatan yang akan membantu kehamilan, persalinan, dan persalinan sebelumnya. Dan tidak apa-apa untuk pindah ke orang baru jika Anda merasa tidak nyaman.

Haruskah saya mengubah gaya hidup ketika merencanakan kehamilan?

Gaya hidup dapat berdampak besar pada kehamilan Anda. Menghindari narkoba dan alkohol, berolahraga, dan mengikuti diet sehat membantu Anda dan bayi Anda di masa depan tetap sehat.

Apa yang harus saya makan jika saya mencoba untuk hamil?

Makan berbagai makanan yang baik sangat penting untuk kehamilan dan bayi yang sehat. Nutrisi yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda secara langsung memengaruhi berat lahir dan kesehatan bayi Anda – bahkan setelah mereka dilahirkan.

Banyak orang merasa mereka perlu mengubah pola makan mereka sehingga mereka dapat memiliki kehamilan yang paling sehat. Mengubah cara makan Anda bisa sulit – mungkin lebih mudah untuk memulai dengan menambahkan lebih banyak makanan sehat sebelum Anda mengambil makanan yang tidak sehat.

Berikut adalah beberapa tips untuk diet seimbang pra-kehamilan:

  • Buah dan sayuran segar
    • Makan buah dan sayuran adalah cara yang baik untuk mendapatkan banyak vitamin dan nutrisi yang berbeda.
  • Karbohidrat
    • Sedikit lebih dari setengah dari apa yang Anda makan haruslah karbohidrat (karbohidrat). Cobalah untuk mendapatkan sebagian besar karbohidrat Anda dari gandum utuh, seperti beras merah, gandum, quinoa, barley, jagung, dan roti gandum.
    • Batasi karbohidrat olahan dan gula, seperti kue, kue, kue kering, dan roti putih.
  • Protein
    • Protein membantu pertumbuhan janin Anda. Anda bisa mendapatkan protein dari daging, susu, dan tahu. Kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, lentil, kacang polong, dan sayuran berdaun gelap (seperti bayam dan brokoli) juga merupakan sumber protein yang baik.
    • Jika Anda seorang vegetarian atau vegan, Anda masih dapat memiliki kehamilan yang sehat dan mendapatkan banyak protein dari sumber-sumber non-hewani. Tetapi adalah ide yang bagus untuk memberi tahu dokter Anda tentang diet Anda sehingga mereka dapat memastikan Anda mendapatkan cukup protein.
  • Lemak
    • Lemak tertentu sehat dan membantu Anda menyerap vitamin. Misalnya, lemak dalam kacang-kacangan, ikan, dan sayuran sangat baik untuk Anda, terutama selama kehamilan Anda.
    • Batasi lebih banyak lemak tidak sehat yang ditemukan dalam susu, daging merah, babi, makanan yang digoreng, dan makanan cepat saji. Cari makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol.
  • Serat
    • Anda bisa mendapatkan serat dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
    • Sangat baik untuk makan setidaknya 3-5 porsi serat per hari.
  • Garam, gula, dan junk food
    • Batasi makanan dan minuman manis (seperti permen, soda, dan es krim).
    • Batasi camilan asin, berlemak, olahan (seperti keripik).
    • Cobalah untuk menghindari makanan olahan dan makanan cepat saji.

Hampir tidak mungkin untuk mengikuti diet yang sempurna, dan tidak apa-apa untuk menikmati sesekali. Tetapi cobalah untuk makan sehat sebelum dan selama kehamilan Anda. Dan jangan lupa tentang variasi – makan berbagai jenis makanan sehat membantu Anda memiliki diet seimbang dan membuat Anda tidak bosan dengan makanan Anda.

Setelah hamil, Anda harus makan sekitar 100 – 300 kalori lebih banyak per hari – kehamilan itu kerja keras!

Baca Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Apa yang perlu saya ketahui tentang berolahraga sebelum dan selama kehamilan saya?

Olahraga adalah cara yang bagus untuk membuat tubuh Anda siap untuk kehamilan yang sehat. Dan kebanyakan orang dapat dengan aman berolahraga sepanjang kehamilan mereka. Berolahraga secara teratur selama kehamilan memberi Anda lebih banyak energi dan membantu Anda merasa lebih baik secara fisik dan mental. Ini memperkuat tubuh Anda dan bahkan dapat membantu membuatnya terasa lebih mudah untuk melahirkan.

Berjalan, berenang, yoga, menari, bersepeda, dan jenis olahraga ringan lainnya sangat populer di kalangan orang hamil. Jika Anda belum berolahraga, bicarakan dengan dokter atau bidan tentang cara terbaik untuk memulai dan jenis olahraga apa yang terbaik untuk Anda.

Apakah saya perlu khawatir tentang berat badan saya sebelum dan selama kehamilan saya?

Menjadi kurus atau kelebihan berat badan bisa membuat lebih sulit untuk hamil. Dan orang-orang yang memiliki berat badan yang sehat cenderung memiliki masalah selama kehamilan mereka. Perawat atau dokter Anda akan memberi tahu Anda jika Anda perlu menambah atau mengurangi berat badan sebelum Anda mencoba untuk hamil.

Jika berat badan Anda biasanya dalam kisaran normal dan Anda tetap pada kebiasaan sehat, Anda mungkin akan mendapatkan tidak lebih dari £ 35 pada akhir kehamilan Anda. Tetapi tubuh setiap orang berbeda, jadi bicarakan dengan perawat, dokter, atau bidan Anda tentang apa arti “berat badan yang sehat” bagi Anda. Mereka juga dapat memberi Anda tips untuk mengatur berat badan selama kehamilan.

Apa yang harus saya hindari ketika saya mencoba untuk hamil?

Merokok, alkohol, dan obat-obatan lain dapat berbahaya bagi kehamilan dan bayi Anda di masa depan. Mengubah kebiasaan ini sebelum Anda hamil menurunkan risiko masalah. Penting juga untuk memastikan rumah dan lingkungan kerja Anda adalah tempat yang aman dan sehat untuk Anda, baik secara mental maupun fisik.

Beberapa kebiasaan bisa sangat sulit diubah. Jadi yang terbaik adalah mulai mencoba sesegera mungkin, daripada menunggu sampai Anda hamil.

Merokok

Berhenti merokok membantu Anda, bayi masa depan Anda, dan semua orang di sekitar Anda menjadi lebih sehat. Orang yang merokok membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil dan memiliki tingkat keguguran yang lebih tinggi daripada yang bukan perokok.

Merokok selama kehamilan membuat janin terpapar bahan kimia berbahaya, dan meningkatkan kemungkinan bayi Anda dilahirkan lebih awal atau memiliki berat badan lahir rendah. Merokok juga meningkatkan risiko masalah kesehatan serius lainnya setelah bayi Anda lahir, serta sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Berhenti merokok itu sulit, tetapi dokter Anda dapat membantu. Dan banyak pusat kesehatan memiliki program untuk membantu Anda berhenti merokok. Anda juga dapat menghubungi 1-800-QUIT-NOW (1-800-784-8669).

Menghirup asap rokok orang lain (asap dari orang lain), juga memiliki efek negatif pada kehamilan Anda. Jika Anda tinggal bersama seseorang yang merokok, minta mereka merokok di luar, jauh dari Anda.

Alkohol

Jauhi alkohol saat Anda hamil. Sebagian besar penyedia layanan kesehatan memberi tahu orang hamil untuk tidak minum sama sekali, karena tidak ada jumlah “aman” yang diketahui dapat Anda minum kapan saja selama kehamilan Anda.

Minum alkohol saat Anda hamil dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengalami keguguran. Ini juga dapat menyebabkan Anda melahirkan terlalu dini, dan bahkan dapat menyebabkan bayi lahir mati. Minum alkohol saat Anda hamil juga dapat menyebabkan sindrom alkohol janin (FAS). FAS dapat menyebabkan kerusakan fisik dan perkembangan serius pada bayi Anda, seperti cacat fisik, ketidakmampuan belajar, dan kondisi lainnya.

Sebaiknya hindari alkohol saat Anda mencoba hamil juga. Anda tidak selalu tahu bahwa Anda hamil segera setelah itu terjadi, jadi berhenti minum sebelum hamil dapat membantu Anda menghindari minum secara tidak sengaja selama kehamilan Anda.

Jika Anda perlu bantuan untuk berhenti minum alkohol, bicarakan dengan dokter Anda

Narkoba

Menggunakan obat-obatan terlarang selama kehamilan Anda dapat menyebabkan masalah serius. Obat-obatan jenis ini bisa sangat membuat ketagihan. Mereka juga meningkatkan risiko keguguran dan berat badan lahir rendah. Bayi Anda juga bisa dilahirkan dengan kecanduan obat.

Obat resep legal tertentu juga bisa membuat ketagihan dan membahayakan Anda dan bayi Anda. Beri tahu dokter Anda tentang obat apa pun yang Anda gunakan, dan tanyakan kepada dokter Anda sebelum minum obat baru. Mereka mungkin menyarankan Anda beralih ke obat lain atau berhenti sama sekali selama kehamilan Anda.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk berhenti menggunakan narkoba, bicarakan dengan dokter Anda

Bahan kimia dan zat beracun

Zat beracun di lingkungan kerja dan rumah Anda juga dapat memengaruhi kehamilan Anda. Mereka termasuk timah, merkuri, pupuk, pestisida, pelarut, radiasi, dan kotoran kucing atau hewan pengerat.

Zat-zat ini dapat merusak sistem reproduksi Anda dan membuatnya lebih sulit untuk hamil. Beberapa juga dapat membahayakan janin jika Anda terpapar saat hamil. Dokter Anda akan memberi tahu Anda racun lingkungan mana yang harus dihindari.

Bahaya kerja

Waspadai bahaya di tempat kerja Anda. Beberapa pekerjaan – seperti pekerjaan yang membuat Anda terpapar bahan kimia atau secara fisik sulit atau berbahaya – mungkin berisiko sebelum dan selama kehamilan Anda.

Bicaralah dengan bos Anda dan dokter Anda untuk mengetahui bagaimana Anda dapat bekerja dengan aman selama kehamilan Anda. Dan cobalah untuk tidak berdiri terlalu lama dan bekerja berjam-jam secara berturut-turut.

Menekankan

Menghindari stres dan menjaga kesehatan mental dapat membantu Anda memiliki kehamilan yang lebih sehat (dan lebih bahagia). Sisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai dan yang membuat Anda rileks.

Jangan ragu untuk menikmati seksualitas Anda juga. Berhubungan seks atau masturbasi dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan, dan banyak orang memiliki dorongan seks yang meningkat selama kehamilan. Sangat normal dan sehat untuk melakukan hubungan seks selama kehamilan Anda, jika Anda mau. (Dan jika tidak, itu juga baik-baik saja.)

Baca Titan gel gold

Lebih banyak pertanyaan dari ibu hamil

Bisakah saya berolahraga saat hamil? 

Kebanyakan orang dapat berolahraga dengan aman saat hamil – dan itu ide yang bagus. Berolahraga secara teratur selama kehamilan memberi Anda lebih banyak energi dan membantu Anda merasa lebih baik secara fisik dan mental. Ini memperkuat tubuh Anda dan bahkan dapat membantu membuatnya lebih mudah untuk melahirkan.

Berjalan, berenang, yoga, menari, bersepeda, dan jenis olahraga ringan lainnya sangat populer di kalangan orang hamil. Jika Anda belum berolahraga, bicarakan dengan dokter atau bidan tentang jenis latihan yang terbaik untuk Anda.

Bisakah saya melakukan yoga selama kehamilan? 

Kebanyakan orang dapat melakukan yoga prenatal dengan aman dan jenis olahraga ringan lainnya selama kehamilan mereka. Berolahraga secara teratur selama kehamilan memberi Anda lebih banyak energi dan membantu Anda merasa lebih baik secara fisik dan mental. Ini memperkuat tubuh Anda dan bahkan dapat membantu membuatnya lebih mudah untuk melahirkan.

Sebaiknya Anda berbicara dengan dokter atau bidan tentang jenis yoga apa yang terbaik untuk Anda. Jika Anda belum melakukan yoga, bicarakan dengan mereka tentang cara terbaik untuk memulai.

Apa itu vitamin prenatal?

Vitamin prenatal dibuat untuk orang yang sedang hamil atau sedang mencoba untuk hamil. Asam folat adalah vitamin yang paling penting untuk kesehatan pra-kehamilan.

Vitamin prenatal adalah suplemen yang mengandung vitamin dan mineral harian yang Anda butuhkan sebelum dan selama kehamilan.

Asam folat adalah vitamin yang paling penting untuk dikonsumsi saat merencanakan kehamilan. Asam folat adalah vitamin B yang dibutuhkan sel dalam tubuh Anda untuk tumbuh dan berkembang. Mengambil 400 mcg asam folat setiap hari selama minimal 1 bulan sebelum dan selama kehamilan dapat membantu menurunkan risiko masalah dengan otak dan tulang belakang bayi – disebut neural tube defect (NTDs). Beberapa wanita, seperti mereka yang pernah mengalami kehamilan terkena NTD atau dengan penyakit sel sabit, mungkin membutuhkan lebih banyak asam folat. Bicaralah dengan dokter atau perawat Anda tentang dosis yang tepat untuk Anda.

Sebagian besar nutrisi harus berasal dari makanan yang Anda makan, tetapi juga merupakan ide bagus untuk mengonsumsi vitamin prenatal. Perawat, dokter, atau bidan Anda dapat merekomendasikan vitamin terbaik untuk Anda, selain asam folat.

Kapan saya perlu mulai mengonsumsi vitamin prenatal?

Mulailah mengonsumsi asam folat setidaknya 1 bulan sebelum Anda mulai mencoba hamil. Beberapa minggu pertama kehamilan adalah waktu yang sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan janin. Mengambil asam folat dan vitamin prenatal lainnya dapat membantu mengurangi risiko beberapa cacat lahir. Tetap mengonsumsi vitamin prenatal sepanjang kehamilan Anda.

Baca Titan gel gold

Apakah vitamin prenatal memiliki efek samping?

Banyak orang bertanya-tanya tentang efek samping vitamin prenatal. Beberapa orang menjadi mual atau sembelit karena mengonsumsi vitamin prenatal. Jika ini terjadi pada Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengganti merek atau jenis vitamin yang Anda konsumsi.

Vitamin prenatal tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul, jadi menemukan jenis yang paling sesuai dengan tubuh Anda dapat membantu mengurangi efek samping. Dokter atau bidan Anda dapat membantu Anda menemukan vitamin prenatal yang akan bekerja paling baik untuk tubuh Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

error: Content is protected !!