Tahapan Aborsi Di Klinik Yang Perlu Anda Ketahui

Aborsi Di Klinik Obat aborsi adalah prosedur medis yang mengakhiri kehamilan. Prosedur aborsi di klinik aman dan efektif. Aborsi di klinik juga disebut aborsi bedah.

Apa jenis aborsi di klinik?

Aborsi di klinik bekerja dengan menggunakan suction untuk mengeluarkan kehamilan dari rahim Anda . Ada beberapa jenis prosedur aborsi di klinik. Dokter atau perawat Anda akan tahu jenis mana yang tepat untuk Anda, tergantung pada seberapa jauh Anda dalam kehamilan Anda.

Aborsi hisap (juga disebut aspirasi vakum) adalah jenis yang paling umum dari aborsi di klinik. Ini menggunakan isap lembut untuk mengosongkan rahim Anda. Ini biasanya digunakan sampai sekitar 14-16 minggu setelah menstruasi terakhir Anda.

Baca Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Dilatasi dan Evakuasi (D&E) adalah jenis lain dari prosedur aborsi di klinik. Ia menggunakan alat hisap dan medis untuk mengosongkan rahim Anda. Anda bisa mendapatkan D&E di akhir kehamilan daripada aborsi aspirasi – biasanya jika sudah 16 minggu atau lebih sejak periode terakhir Anda.  

Aborsi Di Klinik

Seberapa efektifkah aborsi di klinik?

Aborsi di klinik sangat efektif. Mereka bekerja lebih dari 99 dari setiap 100 kali. Perlu mendapatkan prosedur berulang karena aborsi tidak berhasil sangat jarang.  

Kapan saya bisa melakukan aborsi di klinik?

Seberapa cepat Anda bisa melakukan aborsi tergantung dari mana Anda pergi. Di beberapa tempat, Anda bisa mendapatkannya segera setelah tes kehamilan positif. Dokter atau perawat lain lebih suka menunggu hingga 5-6 minggu setelah hari pertama haid terakhir Anda.

Berapa lama Anda bisa melakukan aborsi tergantung pada undang-undang di negara bagian Anda dan apa dokter, klinik aborsi, atau pusat kesehatan Planned Parenthood yang Anda kunjungi. Mungkin lebih sulit untuk menemukan penyedia layanan kesehatan yang akan melakukan aborsi setelah minggu ke-12 kehamilan, jadi yang terbaik adalah mencoba melakukan aborsi Anda sesegera mungkin.

Baca Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Mengapa orang memilih aborsi di klinik?

Jenis aborsi yang Anda pilih semua tergantung pada preferensi dan situasi pribadi Anda. Beberapa orang memilih aborsi di klinik karena mereka ingin prosedur mereka dilakukan di pusat kesehatan, dengan perawat, dokter, dan staf pendukung terlatih di sana sepanjang waktu. (Dengan pil aborsi, Anda memiliki aborsi di rumah.)

Aborsi di klinik juga jauh lebih cepat daripada pil aborsi: sebagian besar aborsi di klinik hanya memakan waktu sekitar 5-10 menit, sedangkan aborsi obat bisa memakan waktu hingga 24 jam untuk menyelesaikannya.

Perawat, dokter, atau penasihat pusat kesehatan Anda dapat membantu Anda memutuskan jenis aborsi apa yang terbaik untuk Anda.

Anda akan pergi ke pusat kesehatan untuk konseling, ujian, dan aborsi. Aborsi itu sendiri biasanya memakan waktu 5-10 menit, dan Anda akan mendapatkan obat untuk membantu mengatasi rasa sakit.

Apa yang harus saya lakukan sebelum prosedur aborsi di klinik?

Sebelum aborsi, Anda akan bertemu dengan perawat, dokter, atau penasihat puskesmas Anda untuk membicarakan apakah aborsi adalah keputusan yang tepat untuk Anda, dan apa pilihan aborsi Anda. Anda akan mendapatkan ujian dan tes laboratorium, dan mungkin mendapatkan USG untuk mengetahui seberapa jauh kehamilan Anda.

Perawat atau dokter Anda akan memberi tahu Anda jika ada hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan aborsi Anda. Mereka akan memberi Anda instruksi tertulis tentang cara merawat diri sendiri setelah aborsi dan cara meminum obat apa pun yang mereka berikan kepada Anda. Anda juga akan mendapatkan nomor yang bisa Anda hubungi 24/7 jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah.

Anda mungkin mengalami pendarahan dan kram setelah aborsi. Jadi rencanakan ke depan untuk membuat waktu pemulihan Anda lebih nyaman. Beri diri Anda sisa hari untuk bersantai. Siapkan bantalan maxi, dan bantalan pemanas untuk kram jika Anda membutuhkannya. Pastikan Anda minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen (Advil atau Motrin) – tetapi jangan minum aspirin karena itu bisa membuat Anda lebih banyak berdarah.

Baca Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Bagaimana cara kerja aborsi?

Aborsi hisap adalah jenis prosedur aborsi yang paling umum.

Sebelum aborsi, Anda akan mendapatkan obat pereda nyeri untuk mengatasi kram. Anda mungkin bisa mendapatkan sedasi selama aborsi. Dengan beberapa jenis obat penenang, Anda terjaga tetapi sangat rileks, dan dengan orang lain Anda benar-benar tertidur. Anda juga akan mendapatkan antibiotik untuk membantu mencegah infeksi.

Seorang perawat atau dokter mungkin memberi Anda obat untuk membantu membuka leher rahim Anda sebelum aborsi. Kadang-kadang mereka juga memasukkan tongkat dilator kecil yang disebut laminaria ke dalam pembukaan serviks Anda sehari atau beberapa jam sebelum prosedur Anda. Laminaria menyerap cairan dari tubuh Anda dan menjadi lebih besar, yang perlahan merenggangkan serviks Anda.

Di ruang prosedur, akan ada staf di sana untuk membantu dokter atau perawat dan mendukung Anda selama aborsi Anda.  

Selama prosedur aborsi isap, dokter atau perawat akan:

  • periksa rahimmu
  • masukkan spekulum untuk melihat ke dalam vagina Anda
  • menyuntikkan obat mati rasa ke atau dekat serviks Anda
  • meregangkan pembukaan serviks Anda dengan serangkaian batang melebar jika Anda belum memasukkannya sebelumnya
  • masukkan tabung tipis melalui serviks ke dalam rahim
  • gunakan alat isap kecil dan genggam atau mesin isap untuk mengeluarkan jaringan kehamilan dengan lembut dari rahim Anda
  • mereka juga dapat menggunakan alat bedah kecil yang disebut kuret untuk mengangkat jaringan yang tertinggal di rahim Anda, atau memeriksa untuk memastikan rahim Anda benar-benar kosong.  

Setelah aborsi Anda selesai, Anda akan nongkrong di area pemulihan hingga Anda merasa lebih baik dan siap untuk pergi.

Aborsi jenis ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit. Tetapi janji Anda akan memakan waktu lebih lama karena Anda harus memiliki ujian, membaca dan menandatangani formulir, dan tinggal di ruang pemulihan sesudahnya hingga sekitar satu jam.

Memikirkan tentang kontrasepsi? Anda bisa mendapatkan implan, suntikan, atau resep untuk alat kontrasepsi saat Anda berada di sana. Beberapa dokter, klinik aborsi, dan pusat kesehatan Planned Parenthood dapat menempatkan AKDR di rahim Anda tepat setelah aborsi Anda, selama prosedur yang sama.

Apa yang terjadi selama prosedur D&E (pelebaran dan evakuasi)?

D&E biasanya digunakan untuk aborsi lebih dari 16 minggu setelah periode terakhir Anda. Sebelum aborsi D&E, perawat atau dokter Anda akan menyiapkan serviks Anda . Ini berarti Anda mungkin mendapatkan obat yang membantu membuka serviks Anda . Dokter Anda mungkin juga memasukkan tongkat dilator kecil yang disebut laminaria ke dalam pembukaan serviks Anda sehari atau beberapa jam sebelum prosedur. Laminaria menyerap cairan dari tubuh Anda dan menjadi lebih besar, yang perlahan merenggangkan serviks Anda.

Untuk aborsi trimester kedua nanti, Anda mungkin perlu melakukan suntikan melalui perut Anda (perut) sebelum prosedur dimulai.

Sebelum aborsi, Anda akan mendapatkan obat pereda nyeri untuk mengatasi kram. Anda mungkin bisa mendapatkan sedasi selama aborsi. Dengan beberapa jenis obat penenang, Anda terjaga tetapi sangat rileks, dan dengan orang lain Anda benar-benar tertidur. Anda juga akan mendapatkan antibiotik untuk membantu mencegah infeksi.

Setelah Anda berada di ruang prosedur, akan ada anggota staf di sana untuk membantu dokter dan mendukung Anda selama aborsi.

Selama aborsi D&E, dokter atau perawat akan:

  • periksa rahimmu
  • masukkan spekulum untuk melihat ke dalam vagina Anda
  • menyuntikkan obat mati rasa ke atau dekat serviks Anda
  • regangkan pembukaan serviks Anda dengan serangkaian batang melebar
  • masukkan tabung tipis melalui serviks ke dalam rahim
  • gunakan kombinasi alat medis dan alat isap untuk mengeluarkan jaringan kehamilan dengan lembut dari rahim Anda

Setelah prosedur selesai, Anda akan nongkrong di area pemulihan hingga Anda merasa lebih baik dan siap untuk pergi.

Prosedur D&E biasanya memakan waktu antara 10 dan 20 menit. Tetapi janji Anda akan memakan waktu lebih lama karena Anda harus memiliki ujian, membaca dan menandatangani formulir, menyiapkan serviks, dan tinggal di ruang pemulihan sesudahnya hingga sekitar satu jam.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan alat kontrasepsi, tanyakan tentang implan, IUD, suntikan, atau resep untuk jenis alat kontrasepsi lain saat Anda berada di sana. 

Baca Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Apakah aborsi sakit?

Melakukan aborsi terasa berbeda untuk semua orang – itu bisa sangat menyakitkan atau hanya sedikit tidak nyaman. Tingkat ketidaknyamanan Anda dapat bergantung pada obat yang Anda dapatkan, seberapa jauh kehamilan Anda, dan seberapa banyak kram dan rasa sakit yang Anda miliki. Bagi kebanyakan orang, rasanya seperti kram menstruasi yang kuat.

Dokter dan perawat Anda akan membantu membuat aborsi Anda senyaman mungkin. Anda akan mendapatkan rasa sakit dan mati rasa obat-obatan yang akan membuatnya lebih sedikit sakit dan Anda mungkin mendapatkan sedasi.

Anda mungkin mengalami sedikit kram setelah aborsi. Anda mungkin ingin tenang untuk sementara waktu sesudahnya, tetapi kebanyakan orang kembali normal keesokan harinya.

Apa yang dapat saya harapkan setelah melakukan aborsi di klinik?

Anda mungkin mengalami kram, perdarahan, dan bercak setelah aborsi. Anda akan ingin beristirahat sebentar, tetapi kebanyakan orang kembali ke kegiatan yang biasa keesokan harinya.

Apa yang terjadi setelah aborsi saya?

Tepat setelah aborsi, Anda akan beristirahat di ruang pemulihan hingga sekitar satu jam. Jika Anda memiliki obat penenang, Anda tidak bisa mengemudi atau pergi sendiri, jadi bawalah seseorang untuk membantu Anda pulang dengan selamat. Berencana untuk santai sepanjang hari.

Anda dapat kembali bekerja, sekolah, mengemudi, berolahraga, dan sebagian besar kegiatan normal lainnya di hari berikutnya jika Anda merasa sanggup melakukannya. Anda dapat berhubungan seks segera setelah Anda merasa siap.

Adalah normal untuk mengalami pendarahan setelah aborsi. Anda dapat menggunakan pembalut, tampon, atau cangkir menstruasi – apa pun yang paling nyaman bagi Anda. Tetapi perawat atau dokter Anda mungkin menyarankan Anda menggunakan pembalut sehingga Anda dapat melacak seberapa banyak Anda mengalami pendarahan. Anda mungkin telah bercak selama beberapa minggu. Dan beberapa orang tidak mengalami perdarahan sama sekali. Semua ini normal.

Anda akan mendapatkan informasi tertulis tentang apa yang diharapkan dan bagaimana merawat diri sendiri setelah aborsi. Anda akan mendapatkan nomor telepon yang bisa Anda hubungi dengan pertanyaan atau masalah – kami di sini untuk membantu 24/7 setelah aborsi Anda.

Penting untuk meminum semua antibiotik Anda, tidak peduli bagaimana perasaan Anda. Dokter atau perawat Anda mungkin ingin Anda kembali untuk janji tindak lanjut dalam 2-4 minggu.

Kebanyakan orang tidak memiliki masalah setelah aborsi, dan pemulihan biasanya cepat dan mudah. Tetapi segera hubungi dokter Anda jika Anda:

  • rendam 2 bantalan maxi per jam selama 2 jam
  • memiliki sakit perut atau kram yang tidak membaik dengan obat nyeri
  • mengalami demam 100,4 ° F atau lebih tinggi

Bagaimana perasaan saya setelah aborsi?

Ini bervariasi dari orang ke orang. Anda mungkin akan mengalami pendarahan dan kram setelah aborsi, jadi rencanakan untuk beristirahat di tempat yang nyaman sesudahnya.

Kebanyakan orang kembali ke kegiatan rutin mereka dalam sehari, tetapi pemulihan setelah A&P bisa memakan waktu lebih lama. Anda dapat minum obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil atau Motrin). Anda juga bisa meletakkan bantal pemanas atau botol air panas di perut Anda atau meminta seseorang menggosok punggung Anda. Jika Anda merasa tidak enak setelah beberapa hari, hubungi dokter atau perawat Anda.

Anda mungkin memiliki serangkaian emosi setelah melakukan aborsi. Kebanyakan orang merasa lega, tetapi kadang-kadang orang merasa sedih atau menyesal. Ini sangat normal. Jika suasana hati Anda menghalangi Anda melakukan hal-hal yang biasanya Anda lakukan setiap hari, hubungi dokter atau perawat Anda untuk mendapatkan bantuan. Anda juga dapat memanggil Menghembuskan napas atau Semua-Pilihan untuk dukungan emosional gratis, rahasia, dan tidak menghakimi setelah aborsi – tidak peduli bagaimana perasaan Anda.

Bagaimana aborsi akan memengaruhi menstruasi?

Aborsi memulai siklus menstruasi baru, jadi haid Anda akan kembali normal 4-8 minggu setelah aborsi. Kapan periode Anda berikutnya akan tergantung pada metode pengendalian kelahiran yang Anda gunakan.

Jika Anda tidak menggunakan alat kontrasepsi, Anda harus menstruasi 8 minggu setelah aborsi. Jika Anda tidak menggunakan alat kontrasepsi dan Anda tidak mendapatkan menstruasi 8 minggu setelah aborsi, hubungi dokter atau pusat kesehatan Anda.

Anda mungkin mengalami pendarahan tepat setelah aborsi yang berbeda dari haid. Anda bisa mengalami pendarahan hebat dengan bekuan darah selama beberapa hari, atau bercak selama beberapa minggu. Anda dapat menggunakan pembalut, tampon, atau cangkir menstruasi – apa pun yang paling nyaman bagi Anda. Tetapi perawat atau dokter Anda mungkin menyarankan Anda menggunakan pembalut sehingga Anda dapat melacak seberapa banyak Anda mengalami pendarahan. Jika Anda khawatir tentang perdarahan setelah aborsi, hubungi perawat atau dokter Anda.

Baca Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Seberapa cepat saya bisa berhubungan seks setelah aborsi di klinik?

Anda dapat berhubungan seks segera setelah Anda merasa siap. 

Kapan saya bisa mulai menggunakan kontrasepsi setelah aborsi?

Anda dapat hamil segera setelah aborsi, jadi sebaiknya Anda berbicara dengan perawat atau dokter Anda tentang kontrol kelahiran sesegera mungkin – mereka dapat membantu Anda menemukan metode yang tepat untuk Anda. Anda dapat mulai menggunakan alat kontrasepsi segera setelah melakukan aborsi.

Beberapa dokter, klinik aborsi, dan pusat kesehatan Planned Parenthood dapat menempatkan AKDR di rahim Anda tepat setelah aborsi Anda, selama prosedur yang sama. Ini benar-benar nyaman karena Anda akan mendapatkan alat kontrasepsi yang sangat efektif tanpa harus pergi ke perjanjian terpisah. Tanyakan tentang mendapatkan AKDR bersamaan dengan aborsi saat Anda menelepon untuk membuat janji temu.

Seberapa amankah aborsi di klinik?

Aborsi di klinik adalah prosedur yang sangat aman, sederhana, dan umum. Masalah serius sangat jarang terjadi, tetapi seperti semua prosedur medis lainnya, ada beberapa risiko.

Apa kemungkinan risiko melakukan aborsi?

Aborsi di klinik sangat umum, dan itu salah satu prosedur medis teraman yang bisa Anda dapatkan. Aborsi serupa, dalam hal tingkat risiko, dengan prosedur ginekologis lainnya yang terjadi di kantor dokter setiap hari.

Tetapi seperti prosedur medis lainnya, ada beberapa risiko. Kemungkinan masalah semakin tinggi saat Anda melakukan aborsi, dan jika Anda mengalami sedasi atau anestesi umum.

Komplikasi serius sangat jarang terjadi, tetapi dapat terjadi. Ini termasuk:

  • aborsi tidak berhasil dan kehamilan tidak berakhir
  • beberapa jaringan kehamilan tertinggal di dalam rahim Anda
  • gumpalan darah di rahim Anda
  • pendarahan yang sangat berat
  • infeksi
  • cedera pada leher rahim, rahim atau organ lainnya
  • reaksi alergi terhadap pengobatan

Masalah-masalah ini sangat jarang, dan biasanya mudah diobati. Jika aborsi Anda tidak mengakhiri kehamilan Anda atau mengeluarkan semua jaringan kehamilan, Anda mungkin memerlukan prosedur lain – tetapi ini tidak umum.

Dalam kasus yang sangat jarang, beberapa komplikasi bisa sangat serius atau bahkan mengancam jiwa. Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki:

  • perdarahan hebat dari vagina Anda yang meresap melalui lebih dari 2 bantalan maxi dalam satu jam, selama 2 jam atau lebih berturut-turut
  • sakit parah atau ketidaknyamanan di perut Anda bahwa obat tidak membantu
  • demam 100,4 atau lebih tinggi

Jika Anda memiliki cairan berbau tidak sedap dari vagina Anda atau tanda-tanda Anda masih hamil , hubungi dan buatlah janji. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah, Anda selalu dapat menghubungi nomor 24/7 yang Anda dapatkan ketika Anda melakukan aborsi.

Apakah aborsi memiliki efek samping jangka panjang?

Prosedur aborsi di klinik adalah umum dan efektif, dan jutaan orang mendapatkan aborsi ini dengan aman.

Kecuali ada komplikasi langka dan serius yang tidak diobati, tidak ada risiko untuk kehamilan Anda di masa depan atau kesehatan Anda secara keseluruhan. Melakukan aborsi tidak meningkatkan risiko kanker payudara atau memengaruhi kesuburan Anda. Itu tidak menyebabkan masalah untuk kehamilan di masa depan seperti cacat lahir, kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah, kehamilan ektopik, keguguran, atau kematian bayi.

Masalah emosional jangka panjang yang serius setelah aborsi jarang terjadi, dan jarang terjadi setelah melahirkan. Mereka lebih mungkin terjadi pada orang yang harus mengakhiri kehamilan karena alasan kesehatan, orang yang tidak memiliki dukungan sekitar keputusan mereka untuk melakukan aborsi, atau orang yang memiliki riwayat masalah kesehatan mental. Kebanyakan orang merasa lega setelah aborsi.

Ada banyak mitos di luar sana tentang efek aborsi. Perawat atau dokter Anda dapat memberi Anda informasi akurat tentang efek samping aborsi di klinik, risiko, atau masalah lain yang Anda miliki.  

Bagaimana cara saya melakukan aborsi di klinik?

Anda bisa mendapatkan aborsi dari dokter, klinik aborsi, atau pusat kesehatan Planned Parenthood. Anda mungkin bisa mendapatkan aborsi secara gratis atau dengan biaya rendah.

Baca Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Di mana saya bisa melakukan aborsi di klinik?

Anda dapat melakukan aborsi di klinik di banyak pusat kesehatan Planned Parenthood . Dokter dan perawat kami yang peduli adalah ahli dalam memberikan aborsi yang aman dan memberikan dukungan selama proses berlangsung. Anda juga bisa mendapatkan aborsi dari beberapa dokter swasta atau ginekolog, klinik keluarga berencana, dan klinik aborsi. Hubungi Planned Parenthood setempat untuk informasi lebih lanjut tentang tempat untuk melakukan aborsi di daerah Anda.

Tergantung di mana Anda tinggal, mungkin ada batasan usia atau masa tunggu untuk melakukan aborsi. Anda dapat menanyakan hal ini saat Anda menelepon untuk membuat janji temu. Semua aborsi sangat aman, tetapi mungkin lebih sulit untuk menemukan penyedia layanan kesehatan yang akan melakukan aborsi setelah minggu ke-12 kehamilan, jadi yang terbaik adalah mencoba melakukan aborsi Anda sesegera mungkin.

Ketika mencari tempat untuk melakukan aborsi, waspadalah terhadap “pusat kehamilan krisis.”  Klinik palsu ini tampak seperti pusat medis yang menawarkan aborsi atau pilihan kehamilan lainnya, tetapi sebenarnya dijalankan oleh orang-orang yang ingin menakut-nakuti atau membuat malu orang keluar dari melakukan aborsi.

Berapa biaya aborsi?

Aborsi pada trimester pertama bisa memakan biaya hingga $ 1.500, tetapi seringkali lebih murah. Harga aborsi tergantung pada di mana Anda mendapatkannya (rumah sakit seringkali lebih mahal), dan apakah Anda memiliki asuransi kesehatan yang akan menanggung sebagian atau seluruh biaya. Biayanya juga bervariasi berdasarkan pada berapa lama Anda hamil – aborsi trimester kedua biasanya lebih mahal.

Aborsi Anda mungkin gratis atau berbiaya rendah dengan asuransi kesehatan, tetapi beberapa paket asuransi tidak mencakup aborsi. Anda dapat menghubungi penyedia asuransi Anda secara langsung untuk mengetahui kebijakan mereka.

Beberapa rencana asuransi kesehatan pemerintah di negara bagian tertentu (seperti Medicaid) mencakup obat aborsi, tetapi yang lain tidak. Dan beberapa rencana hanya mencakup aborsi dalam kasus-kasus tertentu. Planned Parenthood lokal Anda dapat memberi Anda lebih banyak informasi tentang cakupan di negara bagian Anda, atau dana lain yang dapat membantu Anda membayar aborsi.

Baca Obat Aborsi Penggugur Kandungan

Planned Parenthood berfungsi untuk memberikan layanan yang Anda butuhkan, baik Anda memiliki asuransi atau tidak. Jika Anda khawatir tentang biaya, hubungi pusat kesehatan Planned Parenthood setempat untuk melihat apakah mereka dapat menghubungkan Anda dengan perawatan kesehatan yang sesuai dengan anggaran Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

error: Content is protected !!